3 CARA MUDAH MENGHILANGKAN HIPERPIGMENTASI

3 CARA MUDAH MENGHILANGKAN HIPERPIGMENTASI 1 Sudah dibaca 2029 kali

Hiperpigmentasi merupakan kondisi munculnya bercak gelap atau flek hitam pada kulit yang terjadi ketika kulit memproduksi melanin dalam jumlah berlebihan. Berikut ini penjelasan tentang 3 cara mudah menghilangkan hiperpigmentasi.

INILAH 3 CARA MUDAH MENGHILANGKAN HIPERPIGMENTASI

Melanin adalah pigmen yang berperan dalam memberi warna kulit. Makin banyak kandungan melanin dalam kulit, maka makin gelap warna kulitnya, dan sebaliknya.

Hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti peradangan pada kulit, paparan sinar UV matahari, penuaan, penggunaan obat-obat tertentu, semisal pil KB, kehamilan, hemokromatosis (kadar zat besi berlebih), dan penyakit Addison.

menghilangkan hiperpigmentasi

Jenis Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasar penyebab yang berbeda, seperti paparan sinar matahari berlebihan, faktor usia, hiperpigmentasi bekas jerawt, atau dampak dari penyakit kulit tertentu.

Beberapa jenis hiperpigmentasi yang paling umum adalah:

1. Melasma

Melasma bisa dilihat dengan munculnya bercak-bercak hitam di dagu, dahi, hidung, pelipis, leher, atas bibir, atau pipi pada salah satu atau kedua sisi wajah.

Melasma umumnya muncul di area tubuh yang sering terkena sinar UV matahari seperti bagian wajah, dan lebih sering terjadi pada wanita.

Melasma pada wanita juga sering terjadi di masa kehamilan atau karena mengonsumsi pil KB. Melasma yang muncul di masa kehamilan disebut dengan kloasma, dan umumnya disebabkan oleh fluktuasi hormonal yang memicu peningkatan produksi melanin.

2. Lentigo

Lentigo umumnya berupa bintik bulat hitam atau kecokelatan pada kulit, seperti di wajah, lengan, atau punggung tangan. Bintik yang muncul berukuran sekitar 0,2-2 cm dan memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Berdasarkan penyebabnya, lentigo bisa dibagi menjadi 2 jenis:

  • Solar lentigo, umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari.
  • Nonsolar lentigo, disebabkan oleh penyakit kelainan bawaan seperti sindrom Peutz-Jeghers.

Lentigo juga biasa dialami oleh orang-orang berusia paruh baya atau lanjut usia. Seiring pertambahan usia, bercak lentigo bisa terus bertambah.

3. Post-inflammatory hyperpigmentation

Kondisi yang bernama lain hiperpigmentasi pascainflamasi ini artinya muncul flek hitam karena terjadi peradangan akibat luka atau hiperpigmentasi jerawat.

Kasus ini ditandai dengan munculnya bercak kecoklatan pada kulit di bagian tubuh tertentu yang semula mengalami cedera luka, peradangan, atau bekas jerawat.

Contohnya karena luka bakar, reaksi alergi, efek samping obat-obatan, serta peradangan pada kulit, seperti jerawat atau eksim.

Hiperpigmentasi pascainflamasi juga dapat terjadi pada orang yang melakukan prosedur perawatan kulit tertentu, seperti laser dan mikrodermabrasi.

4. Hiperpigementasi akibat efek samping obat dan bahan kimia

Ini merupakan tipe hiperpigmentasi yang terjadi akibat efek samping penggunaan obat-obatan atau bahan kimia tertentu.

Obat tersebut bisa berupa obat antimalaria, obat jantung (amiodarone), maupun kemoterapi, seperti bleomycin dan busulfan. Sedangkan bahan kimia yang memicu hiperpigmentasi adalah perak, emas dan merkuri.

Bercak yang timbul biasanya berwarna kecoklatan, keabu-abuan, kebiru-biruan, atau abu kebiruan, dan umumnya timbul di wajah (terutama bibir), tangan, kaki, atau alat kelamin.

Umumnya bercak dapat menyebar, sedangkan bentuk dan pola bercak bisa tergantung pada obat yang dikonsumsi.

3 Cara Mudah Mengatasi Hiperpigmentasi

Pada kondisi normal, hiperpigmentasi wajah paling sering disebabkan karena paparan sinar UV matahari.

Pada kaum wanita, ini akan menjadi masalah yang cukup serius, karena bisa mengganggu penampilan.

Untuk mencegah dan menghilangkan hiperpigmentasi karena paparan sinar matahari atau hiperpigmentasi bekas jerawat, ada beberapa metode perawatan yang bisa Anda dilakukan dengan menggunakan skincare untuk hiperpigmentasi, di antaranya:

1.  Gunakan tabir surya minimal SPF30

Hiperpigmentasi bisa dicegah dengan rajin menggunakan krim tabir surya sebelum memulai aktivitas di bawah terik sinar matahari. Selain itu, kenakan juga pakaian tertutup atau topi saat beraktivitas di luar ruangan.

Tabir surya atau sering disebut suncare, sunscreen, atau sunprotection, berfungsi menahan efek buruk sinar UV matahari penyebab hiperpigmentasi.

Makin tinggi SPFnya makin bagus kualitas tabir surya tersebut.

Contoh produk tabir surya SPF30 terbaik adalah Instabright Sunscreen Cream Geneva.

instabright sunscreen cream geneva
Instabright Sunscreen Cream Geneva

Produk ini merupakan tabir surya dengan kekuatan SPF30 sehingga mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV matahari.

Kelebihannya adalah, ketika dipakai terasa lembut, dan kulit wajah tampak menjadi lebih cerah seketika. Karena itu produk ini dinamakan Instabright.

Sedangkan untuk tabir surya SPF50 terbaik adalah Face Cream Sunshield Immortal.

face cream spf50
Face Cream Sunshield SPF50PA++++

Dengan kekuatan SPF50PA++++ Face Cream Sunshield ini memiliki kemampuan proteksi lebih kuat dan lebih lama melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sangat cocok digunakan untuk beraktifitas outdoor dalam waktu lama.

Dengan kode SPF50PA++++ (ada 4 tanda plus) menandakan produk ini sangat efektif dalam hal proteksi terhadap sinar UV A dan UV B yang tidak dimiliki oleh produk sejenis.

2. Gunakan Serum Vitamin C

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa serum vitamin C mampu mencerahkan sekaligus mengurangi hiperpigmentasi kulit.

Bahan tersebut dapat menghambat enzim tirosinase yang berperan dalam pembentukan melanin pada jaringan kulit.

Anda bisa secara rutin menggunakan White C Concentrate Serum Immortal yang mengandung konsentrat vitamin C berkualitas.

white c concentrate serum immortal
White C Concentrate Serum Immortal

Produk ini berbeda dari produk serum vitamin C lain, karena bentuknya bubuk. Sengaja dibuat begitu untuk mempertahakan kualitas dan efektifitasnya.

Untuk menggunakannya Anda harus melarutkannya dulu dalam wadah yang telah disediakan. Setelah dilarutkan hingga homogen, untuk aplikasinya tinggal pakai menggunakan pipet higienis yang telah include.

Gunakan secara teratur setiap malam agar kulit lebih cerah dan terhindar dari hiperpigmentasi.

3. Gunakan cream malam pencerah

Bahan pencerah pada cream malam yang diketahui efektif untuk mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan hiperpigmentasi adalah arbutin.

Ada banyak jenis produk cream pencerah malam berbasis arbutin, namun yang terbaik adalah kandungan arbutin plus, contohnya pada produk Chroma White Night Cream Geneva.

chroma white night cream geneva
Chroma White Night Cream Geneva

Cream malam Chroma White Night Cream Geneva merupakan krim malam bertekstur ringan dengan kinerja tinggi karena mengandung kombinasi Dimethylmethoxy Chromanyl Palmitate & Arbutin Plus, yang bekerja sinergis mencerahkan kulit wajah, meratakan warna kulit dan mengurangi bintik – bintik hitam.

Kandungan Cream malam Chroma White Night Cream Geneva dalam Trehalose membantu melembabkan kulit wajah. Sedangkan Allantoin membantu menghaluskan kulit wajah.

Dengan penggunaan secara teratur setiap malam, kulit wajah menjadi lebih lembab, halus, cerah, dan terhindar dari flek hiperpigmentasi.

Kesimpulan penyebab dan cara menghilangkan hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah gejala munculnya flek hitam pada kulit yang disebabkan oleh bermacam faktor.

Umumnya hiperpigmentasi menjadi masalah bila terjadi di wajah, sehingga hiperpigmentasi wajah atau hiperpigmentasi bekas jerawat bisa mengganggu penampilan.

Untuk mencegah dan menghilangkan hiperpigmentasi bisa digunakan tabir surya, serum vitamin C, dan cream pencerah malam.

Itulah 3 cara mudah untuk menghilangkan hiperpigmentasi.

Silahkan coba lakukan perawatan kecantikan wajah dengan tiga langkah tersebut secara teratur agar terhindar dari masalah hiperpigmentasi.

Anda bisa memesan produk di atas melalui Shopee atau Tokopedia.