INILAH PERBEDAAN PURGING DAN BREAKOUT

Posted on
POSTING INI SUDAH DIBACA 24971 PENGUNJUNG.

PAHAMI PERBEDAAN PURGING DAN BREAKOUT

Pernahkah Anda menggunakan produk perawatan kecantikan, lalu timbul bruntusan atau jerawat?

purging

Kemungkinan itu bisa disebabkan oleh salah satu hal berikut :

Purging : kulit sedang menyesuaikan dengan produk yang dipakai, tapi muncul bruntusan atau jerawat. Itu tandanya produk sedang bekerja.

Reacting : kulit mengalami breaking out (efek samping) karena sensitif terhadap produk yang dipakai. Biasanya bahan produk akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori, menyebabkan alergi, atau iritasi. Kalau dilanjutkan maka efek samping yang muncul makin parah.

Kalau kulit mengalami purging, lanjutkan pemakaian produknya.

Kalau kulit mengalami reacting, hentikan pemakaian produknya.

Bagaimana membedakan purging atau breakout ?

Pahami dulu proses terjadinya jerawat di bawah ini.

purging

Jerawat bisa muncul karena pori-pori kelenjar minyak (glandula cebacea) di pangkal akar rambut tersumbat. Penyumbatan sering disebabkan oleh kotoran atau jaringan kulit mati.

Harusnya jaringan kulit mati ini lepas, lalu terangkat ke permukaan kulit sejalan dengan proses regenerasi (pergantian) jaringan kulit baru. Namun pada beberapa kasus, kulit mati ini tidak mau lepas, menyumbat pori kelenjar minyak, dan akan membentuk microcomedo (komedo kecil).

Microcomedo ini tidak tampak dari permukaan kulit. Kadang juga akan berkembang menjadi whitehead comedo (komedo putih), blackhead comedo (komedo hitam), jerawat kecil, atau bisa juga berkembang menjadi jerawat parah bila terjadi infeksi bakteri.

Umumnya microcomedo ini perlu waktu sekitar 8 minggu untuk terangkat hingga tampak di permukaan kulit.

Bagaimana proses purging bisa terjadi ?

Bila Anda menggunakan produk perawatan kecantikan yang bekerja dengan cara mempercepat pergantian jaringan kulit, maka nantinya sel-sel kulit akan terkelupas dan digantikan dengan sel-sel kulit baru.

Pertumbuhan sel-sel kulit akan dipercepat, dan sebagai akibatnya microcomedo yang ada dalam kulit tadi akan berubah menjadi whitehead comedo, blackhead comedo, atau menjadi jerawat, dan berlangsung lebih cepat terangkat ke permukaan kulit. Ini sebabnya Anda melihat tiba-tiba pada wajah malah banyak muncul jerawat.

Setelah semua jerawat tadi bermunculan, ia akan sembuh, dan kulit Anda akan tampil baru dengan kondisi yang jauh lebih baik.

Apa bedanya dengan breakout ?

Breakout (bruntusan, iritasi, atau alergi) bisa terjadi kalau kulit Anda sensitif. Bisa juga karena produk yang digunakan tadi malah ikut menyumbat pori-pori, sehingga komedo dan jerawat tambah banyak. Kulit juga terasa menderita karena bisa muncul rasa gatal atau pedih.

Cara mudah untuk melihat apakah itu purging atau breakout adalah melihat tempat di mana tumbuh komedo atau jerawat.

Kalau Anda menggunakan produk kecantikan lalu tumbuh komedo atau jerawat di tempat yang tidak pernah muncul jerawat, hampir pasti itu kasus breakout, dan sebaiknya hentikan pemakaian produknya.

Tapi kalau muncul komedo atau jerawat di tempat biasanya, dimana komedo berubah menjadi jerawat, atau jerawat tambah parah, hampir pasti itu adalah kasus purging. Lanjutkan saja pemakaian produknya.

Produk apa saja yang menyebabkan purging ?

Produk yang mengandung bahan aktif yang bekerja dengan cara mempercepat pergantian kulit, seringnya menyebabkan purging.

Dari hasil penelitian, di bawah ini adalah daftar bahan yang bisa menyebabkan purging. Perlu dicatat bahwa tidak setiap orang bisa mengalami purging karena perbedaan sensitivitas dan respon kulit.

Bahan penyebab purging :

  • tretinoin
  • kelompok AHA seperti hydroxy acids (glycolic, lactic, malic, mandelic, salicylic, lactobionic acids;
  • gluconolactone; “fruit acids” atau AFA
  • vitamin C (ascorbic acid, sodium/magnesium ascorbyl phosphate, ascorbyl palmitate)
  • retinoid (retinol, tretinoin, adapalene, tazarotene, isotretinoin, retinyl palmitate)
  • benzoyl peroxide (BPO)
  • bahan kimia, laser, mikrodermabrasi
  • bahan exfoliants (pengelupas kulit) lain seperti scrubs, kuas, dan enzyme exfoliants

Bahan lain dan produk seperti moisturizer atau cleanser yang tidak mengandung bahan aktif di atas umumnya tidak menyebabkan purging.

Berapa lama purging berlangsung ?

Umumnya purging berlangsung selama sebulan sebelum tampak pertumbuhan jaringan kulit baru yang lebih sehat. Kalau kulit wajah tidak mengalami perbaikan lebih dari sebulan, sebaiknya tinggalkan produk yang Anda pakai dan ganti produk lain yang lebih baik.

Bagaimana cara mengurangi resiko purging ?

Cara di bawah ini bisa Anda coba :

  • gunakan produk dengan konsentrasi lebih rendah
  • oleskan produk tipis saja, jangan terlalu banyak
  • pakai produk dengan diseling produk lain yang cocok dengan kulit Anda
  • pakai produk 2 atau 3 hari sekali

Bisa juga dengan cara ini :

  • Gunakan produknya tipis saja, tunggu beberapa jam, lalu cuci wajah
  • Setelah itu baru gunakan produk dengan olesan lebih tebal atau pakai produk dengan konsentrasi yang direkomendasikan.

Bila Anda ingin melihat berbagai jenis produk perawatan kecantikan yang kita sediakan, silahkan buka Lapak Ayu. Untuk konsultasi atau bila perlu informasi, silahkan hubungi contact person di sana.

Banyak yang mencari:

AGEN THERASKIN

Gravatar Image
Theraskin adalah produk perawatan kecantikan yang dibuat oleh PT L'ESSENTIAL dengan menggunakan bahan-bahan yang aman dan efektif. Seluruh produk perawatan kecantikan Theraskin telah terdaftar resmi di BPOM. Jangan pertaruhkan kesehatan dan kecantikan Anda dengan menggunakan produk lain yang tidak jelas dan berbahaya. Gunakan Theraskin yang lebih aman, efektif, dan sangat terjangkau. Silahkan konsultasi untuk memilih jenis produk Theraskin yang tepat untuk kebutuhan Anda.